Gigaspin88 – Pejabat PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan Telkomsel berinvestasi di PTGoToGojek melalui Panitia Kerja Digital Enterprise Investment (Panja) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dibentuk oleh Komite VI DPR RI. Persediaan Tokopedia Tbk (GOTO).

Investasi tersebut menyebabkan kegemparan yang signifikan karena Telekom dilaporkan membukukan kerugian yang belum direalisasi sebesar Rs. $81 miliar pada kuartal pertama tahun fiskal 2022.

Pertemuan itu berlangsung pada pukul 10.00 waktu Moskow. Pada awalnya, pertemuan dilakukan di dalam ruangan. Namun sidang dinyatakan terbuka pada pukul 11.00 WIB.

Rapat tersebut dihadiri oleh President and CEO TLKMR Ririk Adriansia dan President and CEO Telkomsel Hendry Mulya Siam.

Dalam pertemuan tersebut, Hendry memaparkan harmonisasi nilai nominal, share split, serta kolaborasi dan sinergi dengan Gojek.

“Akibat kerja sama tersebut, pada triwulan I 2022 jumlah pengguna Gojek yang menggunakan Telkomsel meningkat 25,7% dibandingkan tahun lalu, dan tingkat penetrasi pengguna paket swadaya Telkomsel mencapai sekitar 92% dari seluruh driver Gojek. . dengan Telekom. Sekarang,” kata Hendry.

Pada kesempatan lain, Ririek mengatakan pihaknya menggelar rapat dengan panitia investasi BUMN dan perusahaan digital bentukan panitia DPR VI.

Ririek meyakini bahwa proses investasi Telkomsel di GoTo sejalan dengan beberapa prinsip GCG yang berlaku.

“Sebelumnya ada rapat panja dengan Komite VI DPR dimana kami memberikan klarifikasi kepada Telcom dan Telcomsel, termasuk tentang rencana bisnis Telcom ke depan,” kata Lillick.

“Kami juga berbagi dengan Telkomsel proses investasi di GoTo, yang kami yakini sejalan dengan berbagai prinsip GCG yang berlaku,” lanjutnya.

Sebelumnya, Komite VI DPR membentuk Komite Investasi BUMN untuk Perusahaan Digital pada Rabu (8/6) lalu. Panja dipimpin oleh Sarmuji, Wakil Ketua Komite VI DNR. Anggota Komisi VI André Rosiade mengumumkan bahwa komisi tersebut dibentuk untuk meningkatkan investasi BUMN di perusahaan digital, termasuk GoTo.

“Salah satu percakapan pertama kami adalah apa yang ingin kami ketahui tentang investasi Telkomsel di GoTo,” kata Andre.

Sebagai referensi, Telkomsel Gotos membeli saham tersebut dengan harga Rp. 72 juta lembar saham per saham pada tahun 2021 sebagai bagian dari investasi jangka panjang dalam produk keuangan.

Berdasarkan laporan keuangan TLKM per Maret 2022, Telkomcell telah menandatangani kesepakatan dengan calon PT Karya Anak Bangsa (AKAB) untuk menginvestasikan US$150 juta atau Rp2,11 triliun pada obligasi konversi tanpa bunga. Harganya sekitar 14.370 rupee.

Pada 17 Mei 2021, AKAB dan PT Tokopedia bergabung menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo). Penggabungan akan memungkinkan Telcom Cell untuk melakukan CB berdasarkan perjanjian, yang akan dikonversi menjadi saham.

Pada 18 Mei 2021, Telkomsel menandatangani perjanjian pembelian 29.708 lembar saham yang dapat dikonversi atau US$150 juta senilai Rp2,11 triliun dan 59.417 saham tambahan berdasarkan opsi saham atau Rp300 juta atau Rp4,29 triliun. kurs. Rp 14.370.

Situs Politik Terpercaya Dan Terbaik
Gigaspin88